Petuah & Nasehat Basa Jawa Lengkap Berserta Artinya ~ Katebe Blog's

Friday, September 1, 2017

Petuah & Nasehat Basa Jawa Lengkap Berserta Artinya


Di zaman modern ini kebudayaan Jawa sepertinya sudah terjajah oleh zaman dan tergantikan oleh budaya modern yg cepat berkembang ..
Alangkah baiknya anda (khususnya orang jawa) juga membaca Nasehat dan Petuah bahasa jawa dibawah ini dan melestarikanya, karena selain bisa digunakan untuk tuntutan hidup anda juga telah melestarikan budaya jawa..
Monggo langsung Simak saja ..

Ajining Diri Soko Lathi, Ajining Rogo Soko Busono  
Artinya : Seseorang menghargai jiwa kita dari ucapan, dan menghargai jasmani kita dari busana atau pakaian..
(Contoh: "Seorang yang lemah lembut kepada kita tentu saja akan lebih kita hargai dari pada orang yg sering mengumpat kita. selanjutnya, seorang dokter tidak akan dikenali dan dipanggil dokter lagi saat seseorang bertemu dia memakai surjan dan blangkon. intinya, penilaian secara jasmaniah itu semua tergantung dari pakaian yg kita kenakan..")

Urip Sadermo Nglakoni Tumekaning Takdir 
Artinya: Hidup itu sekedar menjalankan datangnya ketentuan tuhan, kita sebatas berusaha dan pada akhirnya ketentuan ada padaNya. olehnya itu kita harus berdo'a, karena hanya Dia yg kuasa atas yg baik dan yg buruk.

Sak Bejo-bejone Wong Kang Lali Isih Bejo Wong Kang Eling Lan Waspodo 
Artinya: "Bagaimanapun bahagianya orang yg melupakan tuntunan kebenaran tentu lebih bahagia bagi yang mengingat, dan waspada terhadap bahaya apabila kita mengabaikannya.."

Wong Jowo ilang Jawane 
Artinya: "Seorang yang seharusnya masih memegang teguh budaya ketimuran, tapi lebih memilih terlena dengan cara perilaku dan budaya asing. itu menggambarkan kebiasaan zaman sekarang."

Becik Ketitik Olo Ketoro 
Artinya: "Perbuatan kebaikan suatu saat akan tetap terungkap sepintar apapun orang orang lain memanipulasinya. sebaliknya suatu keburukan akan terungkap pada saatnya, selihai apapun orang menutupinya.."

Kacang Manut Lanjaran 
Artinya: "Unsur keturunan mempengaruhi perilaku dan sifat seseorang. anak seorang maling pada awalnya akan selalu dianggap punya sifat maling sampai dia mampu membuktikan bahwa dia tidaklah demikian.." (ini peribahasa motifasi)

Nandur Ngunduh, Tlaten Panen 
Artinya: "Menanam akan memetik,tekun akan menuai hasil. pekerjaan apapun yang kita jalani kunci sukses yang utama adalah ketekunan dan menanam budi baik kepada sesama. saat kita rajin menanam budi, orang tak enggan mendo'akan kita.."

Mendhem Njero Mikul Nduwur 
Artinya: "Menanam dalam-dalam, memikul tinggi tinggi. ini kewajiban kita terhadap orang tua dan keluarga, sebagai kunci kerukunan dan pengabdian. menanam yang dalam dalam artian tidak membicarakan aibnya, menjunjung tinggi dalam artian selalu menghargai setiap upaya baiknya.."

Jer basuki Mawa Beyo 
Artinya: "Setiap tujuan memerlukan pengorbanan. sebenarnya kata beyo (bea) terjemahannya yaitu biaya. tapi dalam artian yg lebih luas tidaklah demikian.."

Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani 
Artinya: "Pemimpin harus mampu jadi tauladan, yang dipimpin harus mampu jadi pendorong keberhasilan, berjalan beriringan saling asah, asih dan asuh.."

Witing Tresno Jalaran Soko Kulino 
Artinya: "Datangnya cinta karena biasa. dlm arti yg sempit kecintaan kita pada seseorang dikarenakan kita terbiasa bersama dengannya. namun arti yg sebenarnya tidaklah demikian. ini pitutur agar kita selalu berusaha mencintai suatu kebaikan. pekerjaan, ibadah, aturan dll, selalu terasa berat saat kita belum terbiasa dan berusaha untuk membiasakan dan menikmatinya.."


Yaa .. Mungkin cukup segitu dulu artikel tentang Petuah dan Nasehat dalam Basa Jawa ..
Sebetulnya masih banyak lagi Petuah & Nasehat dalam Basa Jawa , mungkin di lain waktu akan saya bagikan kembali ..
Jangan sampai anda sebagai orang Jawa ilang Jawane ..
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger


EmoticonEmoticon